Berita

ODP BNI Adalah, Pengalaman, Rekrutmen, Gaji dan Tugas

Giring Erlangga

ODP BNI Adalah
ODP BNI, Source: lppi.or.id

Iberian-Partners.com – ODP BNI adalah salah satu program rekrutmen yang bertujuan mencari kandidat pekerja terbaik. Program tersebut dikhususkan guna melakukan regenerasi posisi level manajerial maupun pimpinan perusahaan.

ODP BNI menjadi program rekrutmen paling banyak diminati oleh pelamar kerja entah itu pria ataupun wanita. Sama halnya ADP BNI, setelah berhasil mengikuti agenda ini maka kalian berkesempatan menjadi seorang pegawai tetap.

Untuk bisa mengikuti program ODP BNI terdapat persyaratan yang termasuk cukup mudah dipenuhi oleh pelamar kerja. Seseorang diwajibkan telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 dengan usia maksimal 26 tahun dan S2 28 tahun.

Namun jika berminat mengikuti ODP BNI, maka tentunya kalian perlu mengetahui pengertian serta tugas pada program ini. Untuk membahas lebih mendetail mengenai hal itu, silakan simak ulasan berikut.

ODP BNI Adalah

ODP BNI
Source: finansial.bisnis.com

ODP (Officer Development Program) BNI adalah program rekrutmen berbentuk pelatihan kerja bertujuan guna menyiapkan calon pegawai dengan kualifikasi serta kemampuan khusus sesuai kebutuhan perusahaan. Pada dasarnya agenda tersebut memiliki konsep sama seperti Management Trainee (MT) yang juga memiliki tujuan merekrut pekerja untuk posisi manajerial.

Perlu diketahui bahwa ODP BNI adalah sebuah program di mana berbeda dengan agenda magang (internship). Dapat dikatakan status peserta program tersebut hampir setara seorang seperti pegawai tetap di perusahaan. Pasalnya peserta ODP akan mendapatkan kompensasi berupa gaji bulanan, asuransi hingga tunjangan.

Program ODP BNI dilaksanakan dalam kurun waktu 12 bulan, peserta akan mengikuti pelatihan serta rotasi kerja. Umumnya pelatihan ini dapat berupa in-class training maupun on job training. Kegiatan di dalam kelas berfokus terhadap pengenalan perusahaan, visi misi, budaya serta pembelajaran materi.

Sedangkan untuk diluar kelas, peserta bisa merasakan secara langsung pengalaman menjadi seorang karyawan dengan mempraktikkan kegiatan kerja pada Bank BNI. Ketika kalian mengikuti pelatihan ODP maka keuntungannya adalah dapat menjadi pegawai di mana akan memenuhi standar kerja dari pihak perusahaan.

Pengalaman Rekrutmen ODP BNI

Pengalaman Rekrutmen ODP BNI
Source: rizkyashya.com

Berdasarkan pengalaman, peserta rekrutmen ODP BNI akan melewati beberapa tahapan seleksi terlebih dahulu. Tujuan diadakannya proses ini adalah guna menyeleksi calon pekerja terbaik di mana dapat mengisi posisi manajerial ataupun pimpinan pada bank tersebut.

Untuk seleksi rekrutmen ODP BNI terdapat 5 tahapan di mana harus dilalui oleh seluruh peserta. Tahap awal adalah calon pekerja diminta melengkapi data administrasi secara lengkap. Hal itu dapat meliputi pengisian data diri, pengalaman bekerja ataupun melampirkan dokumen pendukung.

Setelah itu calon pekerja ODP, mengikuti seleksi online assessment meliputi cognitive assessment serta personality assessment. Tes tersebut terdiri dari kemampuan dasar, tes analisis hingga tes karakter. Namun disini peserta wajib menyertakan sertifikat TOEFL, tetapi tidak diperbolehkan TOEFL Prediction.

Kemudian peserta akan menunggu pengumuman lolos dari seleksi online assessment kurang lebih selama 7 hari. Apabila dinyatakan berhasil, maka akan melanjutkan tes rekrutmen Leaderless Group Discussion (LGD). Pada tahapan ini peserta diberikan satu kasus atau permasalahan untuk didiskusikan, lalu diperintahkan menyelesaikannya.

Hasil diskusi LGD nantinya dipresentasikan di hadapan tim rekrutmen ODP BNI. Setelah itu peserta juga langsung mengikuti proses wawancara HRD pada hari yang sama. Untuk tahapan tersebut, calon pekerja diberi pertanyaan seperti job desk pekerjaan sebelumnya, alasan resign hingga informasi mengenai Bank BNI.

Jika lolos pada seleksi sesi wawancara HRD, peserta dihadapkan dengan tahapan tes interview user. Tahap ini adalah bagian cukup menegangkan karena peserta akan berhadapan secara langsung bersama 2 pimpinan di Bank BNI. Jadi tentunya membutuhkan persiapan lebih matang supaya dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan tegas tanpa grogi atau bertele-tele.

Pengumuman lolos tahapan interview user hanya berselang selama satu hari saja. Setelah itu peserta dihadapkan pada proses seleksi medical check up untuk pengecekan kondisi tubuh. Supaya bisa melewati tahapan tersebut, amat disarankan guna menerapkan pola hidup sehat.

Pemberitahuan seleksi interview user diumumkan kurang lebih dalam waktu 2 minggu. Kemudian masuklah pada tahapan terakhir rekrutmen ODP BNI adalah tahap pemberkasan serta penandatanganan SPK. Pada tahap tersebut, peserta diberi pengarahan terkait proses pelatihan program ODP BNI selanjutnya.

Tips Lolos Seleksi ODP BNI

Tips Lolos Seleksi ODP BNI
Source: rizkyashya.com

Di tengah semakin kompetitifnya persaingan dalam tahapan rekrutmen program ODP BNI, tentunya sebagian besar peserta menginginkan dirinya lolos melewati seluruh proses seleksi. Dapat dikatakan mewujudkan hal tersebut memang membutuhkan perjuangan cukup berat.

Meskipun begitu ada tips mungkin dapat kalian terapkan ketika mengikuti program dari Bank BNI ini. Dengan menerapkannya maka akan memperbesar kesempatan untuk lolos semua tahapan. Beberapa tips itu di antaranya:

1. Memperhatikan Syarat Rekrutmen

Tips pertama mengikuti seleksi ODP BNI adalah memahami lebih mendetail mengenai seluruh syaratnya. Pada dasarnya bank tersebut menerapkan beberapa persyaratan agar dapat memilah peserta di mana berdasarkan kebutuhan pekerjaan. Apabila kalian memenuhi syarat pendaftaran, maka dapat dipastikan akan lolos pada seleksi tahap pertama.

2. Melengkapi Curriculum Vitae (CV)

Perlu diketahui bahwa karir seseorang bisa dilihat oleh pihak rekruter sekilas lewat CV-nya. Oleh karena itu disarankan guna melengkapi semua struktur atau komponen yang ada pada dokumen tersebut. Apabila CV terisi lengkap, maka ada kemungkinan HRD akan mempertimbangkan kalian sebagai kandidat untuk lolos ke tahap berikutnya.

3. Memahami Materi Seleksi

Kemudian seorang peserta juga harus memahami materi seleksi pada rekrutmen Officer Development Program BNI. Tujuannya adalah guna mendapatkan nilai tertinggi di tahapan tes tertulis pada program tersebut. Umumnya hal itu dapat dipelajari melalui internet atau bertanya kepada orang di mana sudah berpengalaman mengikuti ODP.

4. Bersiap Menghadapi Wawancara

Wawancara adalah salah satu seleksi membuat banyak peserta mengalami kegagalan mengikuti pendaftaran ODP BNI. Mengingat pada tahapan itu calon pekerja berhadapan secara langsung dengan pihak pimpinan bank. Jadi apabila belum terbiasa mengikuti sesi wawancara, sebaiknya persiapkan diri lebih matang.

Tugas ODP BNI

Tugas ODP BNI
Source: schmu.id

Perlu diingat bahwa Officer Development Program BNI adalah agenda pelatihan yang ditujukan dengan cakupan posisi kerja cukup banyak. Jadi dapat dipastikan bila tugasnya tidak merujuk terhadap satu pekerjaan saja. Meskipun begitu secara umum seorang peserta ODP BNI memiliki tugas seperti:

  • Mengikuti seluruh rangkaian pelatihan di mana telah ditentukan oleh pihak Bank BNI. Mulai dari on job training, in class training serta penempatan kerja.
  • Memahami kegiatan operasional perusahaan.
  • Mempelajari berbagai fungsi departemen.
  • Praktik kebijakan yang berdampak terhadap setiap bisnis perusahaan.
  • Mempelajari cara evaluasi kinerja.
  • Melakukan kolaborasi dengan manajer dalam membuat kebijakan ataupun penetapan tujuan.
  • Berperan aktif dalam merencanakan strategi perusahaan.
  • Ikut serta dalam mengerjakan serta presentasi hasil project.

Gaji ODP BNI

Gaji ODP BNI
Source: carigaji.com

Walaupun belum secara resmi menjadi seorang pegawai tetap, tetapi Officer Development Program BNI akan mendapat penghasilan per bulan cukup menggiurkan. Besaran nominalnya tidak jauh berbeda dengan gaji magang Pertamina Hulu Rokan. Wajar saja, mengingat dirinya dipersiapkan guna menempati posisi penting di Bank BNI.

Lalu berapa gaji ODP BNI? Untuk besarannya berkisar antara Rp 8.000.000 hingga Rp 10.000.000 per bulan. Nominal itu baru termasuk pendapatan saja, belum ditambah dengan tunjangan atau bonus lainnya. Dengan besaran penghasilan tersebut, tentunya cukup menggiurkan untuk sekelas pekerja belum berstatus karyawan tetap.

Jenjang Karir ODP BNI

Jenjang Karir ODP BNI
Source: Istockphoto

Perbedaan ADP dan ODP BNI tidak hanya terlihat dari tugas ataupun besaran nominal gajinya. Namun pada jenjang karir antar kedua program tersebut juga sudah jelas sangat berbeda. Pada dasarnya perjalanan karir ODP memang lebih menjanjikan, di mana posisi kepemimpinan perusahaan bisa saja ditempati oleh peserta program ini.

Officer

Ketika kalian berhasil mendaftar, lalu lolos seleksi program ODP maka resmi berstatus sebagai officer atau staff perusahaan. Kemudian juga mengikuti kegiatan pelatihan dari awal hingga akhir.

Manager

Setelah menyelesaikan masa training serta dinyatakan lulus dari ODP, maka kalian ditempat di posisi sebagai manager. Ketika awal menjabat, biasanya mengharuskan pegawai guna memenuhi ikatan dinas selama beberapa tahun.

Direktur

Meskipun terdengar sulit, tetapi menuju jenjang karir menjadi seorang direktur bukan hal mustahil bagi lulusan program ODP. Hal itu tentunya dapat diwujudkan bila performa pegawai sebagai manager dinilai cukup bagus.

Info Rekrutmen ODP BNI

Info Rekrutmen ODP BNI
Source: Istockphoto

Setelah memahami seluruh informasi berkaitan dengan ODP BNI, apakah membuat kalian tertarik untuk mendaftarnya? Jika berminat, maka dapat mengunjungi info rekrutmen di halaman ini. Iberian-Partners.com selalu membagikan informasi terbaru mengenai lowongan kerja.

Namun perlu dipahami sebelum mengikuti seleksi program pelatihan tersebut, sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu tentang cara membuat CV. Pasalnya dengan mengetahui hal itu bisa memperbesar peluang lolos seleksi ODP BNI.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ODP BNI adalah sebuah program pelatihan kerja yang diadakan guna merekrut pekerja untuk mengisi posisi tertentu. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat membantu kalian di mana ingin mengikuti agenda rekrutmen tersebut.


Editor: Ari

Photo of author

Giring Erlangga

Giring Erlangga, lulusan S1 Universitas Gadjah Mada, telah membangun karir sebagai penulis topik pekerjaan dan profesi selama 5 tahun. Dengan keahlian dan dedikasi tinggi, ia menerjemahkan pengalaman dan pengetahuan akademisnya ke dalam tulisan yang inspiratif dan informatif, membantu banyak orang dalam merancang dan mengembangkan karier mereka.

Baca Juga